Monday, April 27, 2015

Candi Bojongmenje di Bandung

Bandung lebih kaya akan tempat wisata di bandung dengan ditemukannya sebuah candi. Candi Bojongmenje yang terdapat di Dusun Bojongmenje, Desa Cangkuang, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa barat, semakin memprihatinkan. Cagar Budaya yang berdiri di tempat seluas 600 mtr. persegi itu seperti luput dari perhatian pemerintah.

Candi yang diketemukan dengan cara tak berniat oleh warga setempat pada tanggal 18 Agustus th. 2002 lantas itu, kondisinya telah tak teratur.

Candi Bojongmende
Cadi Bojongmenje (sumber gambar)

Saat ini keadaan di tempat Candi Bojong Menje tak seperti waktu diketemukan pada th. 2002, atau bahkan juga pada th. 2005 waktu jadikan cagar budaya. Saat ini di seputar candi telah di bangun benteng-benteng tinggi pabrik, hingga tempat ini makin sempit.

Penemuan candi yang diprediksikan di bangun pada era ke VII serta diketemukan dibawah kedalaman 1, 3 mtr. itu, pada awal sangatlah disambut baik. Pemerintah, arkeolog serta sejarawan demikian semangat untuk melestarikan website candi waktu diresmikannya jadi cagar budaya. Pemugaran sampai pengaturan batu-batu candi ditangani dengan semangat.

Saat ini seolah tak ada semangat lagi dari pemerintah untuk mengatur atau bahkan juga melestarikan candi bojongmenje. Jikalau ada semangat di pastikan ada usaha untuk lakukan pemugaran kembali serta membebaskan tempat seluas 5 hektar yang saat ini telah di bangun oleh pabrik-pabrik.

Candi Bojongmenje di bangun dari batu andesit, diprediksikan berdenah basic bujur sangkar dengan segi selama 6 m. Candi Bojongmenje adalah website histori yang sangatlah utama. Diprediksikan masih tetap ada candi-candi yang lain di seputar Candi Bojongmenje.

No comments:

Post a Comment